Sabtu, 16 Mei 2009

Souljah - Breaking The Roots (Album 2005)


DOWNLOAD Souljah - Breaking The Roots (Album 2005)

Souljah (disadur dari cara orang Jamaika melafalkan kata soldier) didirikan pada 1998 oleh sekelompok anak muda yang bekerja di bidang periklanan. Semula band ini diberi nama Arigatoo, yang biasa membawakan lagu milik Save Ferris dan No Doubt. Arigatoo ikut ambil bagian dalam “Kompilasi Ska Mania” keluaran Sony Music pada 1999. Empat tahun kemudian, Arigatoo kembali ikut dalam album kompilasi di bawah bendera Label Jepang Authority Record bersama Shaggy Dog, Tipe Ex, dan Alaska. Arigatoo juga sempat mengeluarkan album berjudul "Bukan Perawan Lagi".

Mereka lantas mengubah nama menjadi Souljah, dan merilis album “Breaking The Roots” ini. Musik Souljah dapat dibilang warna warni dengan balutan Jamaican music.

Lagu pertama Listen to Da Island dengan suara Danar yang medium, menjadi pengantar yang cukup menggoda. Lagu berlirik Inggris ini punya kekuatan reggae yang ternyata cukup global dipadukan dengan irama pop, jazz sekalipun.

Lalu pada lagu Lelaki Itu. Di sini Souljah mencoba mencampurnya dengan irama keroncong. Souljah mengajak Sundari Sukotjo, penyanyi keroncong kawakan, untuk berkolaborasi dalam lagu itu.Untuk sampai memahami jiwa keroncong, Renhat setia membolak-balik kaset Sundari selama dua minggu. Bahkan mereka rela menuruti saran Sundari untuk mengikuti seminar tentang musik keroncong. Setelah dirasa cukup, Sundari pun dibawa ke studio rekaman. Kendala utama yang dialami Souljah dan Sundari ialah perbedaan tempo di antara kedua aliran tersebut. Namun keduanya sepakat membiarkan perbedaan itu menjadi bagian dari keunikan lagu tersebut.

Di lagu Magenta, Souljah kembali melakukan eksperimen dengan menggunakan suara Happy Salma sebagai pengganti solo saksofon. Pemilihan Happy adalah karena tujuan yang diinginkan adalah menampilkan kesan seksi, yang semula diharapkan dari suara saksofon. Walaupun akhirnya persepsi visual lebih kuat ketimbang persepsi audio, Magenta tetap kena juga di kuping pendengar.

Eksperimen lain bisa didengar dalam The Day The World Turn Into Grey. Lagu ini aslinya milik Bad Mono yang beraliran heavy metal. Di tangan Souljah, lagu ini menjadi baru dengan rasa world music yang cukup kental

Pada lagu All In The People in The World, Souljah juga memasukkan musik blues. Sebagai sebuah album, konsep yang ditawarkan Souljah dalam “Breaking The Roots” cukup menarik. Para bintang tamu yang sangat bervariasi, seperti Sundari Soekotjo, Happy Salma, Bad Mono, Hendrix Rastafara, Soulid, dan Popok memang menggambarkan jenis musik di album ini yang bervariasi.

Seluruh personel Souljah terlibat dalam proses produksi album ini. Keahlian mereka di bidang periklanan terlihat di sini. Salah satu yang paling menarik adalah sampul albumnya. Souljah mendesain sendiri sampul albumnya dan memang hasilnya tidak sia-sia. Banyak orang yang menjadi tertarik untuk menyimak lebih lanjut album ini.

Track List Album Souljah - Breaking The Roots:
01 Souljah - Listen to Da Island
02 Souljah - Magenta (Feat Happy Salma)
03 Souljah - Mati Menahan Rindu
04 Souljah - Jamaica’s Away (Feat Hendrix R)
05 Souljah - All The People In The World
06 Souljah - Lelaku ‘Itu’
07 Souljah - Stripper
08 Souljah - On The Radio
09 Souljah - all I Know
10 Souljah - The Day The World Turns Into Grey
11 Souljah - The Nation
12 Souljah - Mahalo (feat popok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar